Cara Debloat Aplikasi Sistem Android Tanpa Root dan PC

Cara Debloat Aplikasi Sistem Android Tanpa Root dan PC

Aplikasi-aplikasi yang terinstall dari awal pembelian perangkat android terkadang bisa membuat penyimpanan perangkat membengkak terlebih dahulu bahkan sebelum pengguna meng-install aplikasi tambahan untuk kebutuhannya. Sebenarnya tidak akan menjadi masalah jika aplikasi-aplikasi yang sudah ter-install terlebih dahulu ini juga bagian dari kebutuhan sang pengguna, tetapi biasanya yang terjadi adalah aplikasi yang ter-install tidak dibutuhkan oleh pengguna, kondisi ini semakin parah jika aplikasi tersebut tidak bisa di-uninstall ataupun disable yang mana dalam beberapa kasus aplikasi tertentu akan berjalan otomatis di background. Karena itu aku tertarik untuk membagikan cara untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus ini dengan metode tanpa penggunaan komputer / pc dan juga tanpa oprek seperti root.

Catatan: RISIKO DITANGGUNG MASING-MASING

Syarat Agar Bisa Debloat Tanpa PC dan Root

Tentu ada syarat atau ketentuan yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum menggunakan metode yang akan aku bagikan ini karena cara ini merupakan cara yang terlahir dari kemajuan teknologi sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan debloating tanpa menggunakan komputer / pc dan akses root.
Syarat yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Minimal perangkat menggunakan sistem operasi Android 11
  2. Terhubung jaringan Wi-Fi

Aplikasi Yang Dibutuhkan Untuk Metode Ini

Setelah ketentuan di atas sudah terpenuhi, maka tahap selanjutnya adalah menyiapkan aplikasi-aplikasi yang akan digunakan untuk kebutuhan debloat ini nantinya, aplikasi yang diperlukan adalah:

  1. Brevent
  2. APK Analyzer
Aplikasi-aplikasi di atas tidak harus mutlak untuk diikuti, jika kalian memahami fungsi dari aplikasi tersebut, maka tidak menutup kemungkinan kalian bisa mencari pengganti aplikasi tersebut dan memilih aplikasi yang sesuai dengan keinginan kalian.

Langkah-langkah Debloat Android Tanpa PC dan Root

  1. Buka aplikasi Brevent, dan jalankan sampai kalian terarahkan ke "tentang ponsel"
  2. Setelah diarahkan ke "tentang ponsel" sentuh build number (untuk Xiaomi silahkan sentuh versi MIUI-nya) sebanyak tujuh kali
  3. Kembali lagi ke aplikasi Brevent, dan ulangi lagi sampai kalian diarahkan ke mode pengembang
  4. Pada mode pengembang, scroll ke bawah dan cari bagian Debugging lalu aktifkan Wi-Fi Debugging dengan menyentuh tombol di ujung kanannya
  5. Jika Wi-Fi Debugging telah diaktifkan, masuk ke dalam opsi lebih lanjut Wi-Fi Debugging tersebut dengan cara menyentuh tulisan Wi-Fi Debugging-nya (bukan tombolnya)
  6. Di dalam menu Wi-Fi Debugging pilih opsi "pair device with pairing code" setelah muncul kode berupa nomor, kalian bisa gunakan split screen dan membuka Brevent disaat yg bersamaan
  7. Lakukan penghubungan antara Brevent dengan Wi-Fi Debugging dengan memasukkan kode berupa nomor tersebut
  8. Jika sudah terhubung maka tahap selanjutnya adalah membuka opsi Exec Command yang ada di pojok kiri atas menu awal Brevent
  9. Kalian bisa langsung memberikan command atau perintah di Exec Command tersebut, selesai.

Daftar command / perintah ADB

pm uninstall -k --user 0 com.mobile-legends

Perintah di atas mungkin kalian bisa sadar jika terdapat kata uninstall maka command tersebut akan menghapus aplikasi yang berada di ujung kalimat, dalam contoh ini adalah Mobile Legends. Kalian bisa mengganti com.mobile-legends dengan package name aplikasi sistem yang ingin kalian hapus. 

Penting! Meski aplikasi sistem sudah kalian hapus, kalian masih bisa dapat mengembalikan aplikasi tersebut dengan cara paling mudah yakni memasukkan command sebagai berikut:

cmd package install-existing com.mobile-legends

Penjelasan singkatnya, sebenarnya aplikasi sistem ini merupakan aplikasi yang tersimpan jauh di dalam internal, sehingga apabila pengguna memberikan perintah seperti di atas atau melakukan reset pabrik perangkat, maka aplikasi sistem tersebut akan kembali ter-install.

Penutup

Hati-hati saat menghapus aplikasi sistem yang ingin dihapus, dalam kasus perangkat Xiaomi terkadang menghapus aplikasi bawaan tertentu dapat mengakibatkan bootloop.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url